Popular Post

Posted by : Unknown Minggu, 27 Maret 2016

Salam sejahtera, kembali kita akan mambahasa lanjutan materi sebelumnya tentang proses perancangan aplikasi sederhana operasi CRUD pada aplikasi Android, sesuai sub topik pembahasan kali ini lanjutan mengenai Pengenalan JSON Untuk Layanan Web Aplikasi Android. Seperti kita bahas sebelumnya, untuk aplikasi model client server, aplikasi android untuk bisa berhubungan dengan database Mysql membutuhkan bantuan script PHP melalui layanan web oleh server.Baca : Dasar Pembuatan Aplikasi
Sebelum kita lanjutkan kepembahasan cara pembuatan aplikasi androdi koneksi database mysql, terlebih dahulu coba kita pahami dulu, bagaimana yang dikatakan model Layanan web (Web Service), karena hal ini sering digunakan oleh para developer dalam membangun aplikasi untuk skala besar yaitu tentang pengenalan json untuk layanan web.

Pengenalan Layanan Web (Web Service)

Mengutip dari wikipedia :
Layanan web merupakan fenomena yang sangat panas saat ini karena, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Web Service terutama interoperabilitas tinggi dan penggunaannya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama mesin kita terhubung oleh jaringan internet salah satunya.
Layanan web Sepenuhnya berdasarkan standard web dan xml. Web Service dapat membantu:
  • Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.
  • Integrasi antara Web dan OO middleware.
  • Integrasi dari aliran kerja terisolasi dan sevice-service (Web Services Flow Language – WSFL).
  • Pertukaran data pada aplikasi yang berbeda-beda (X-Schema, XSLT ++)
  • (Masa depan: standardisasi dari info konteks antara web servis dan klien – integrasi servis horizontal).
Kesimpulan nya, dengan menggunakan layanan web, kita bisa membangun aplikasi walaupun dalm platform yang berbeda-beda. Format data yang sering digunakan dalam pertukaran data antara Clien dan Server ada dua yaitu Format XML dan JSON. Ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing format tersebut. Namun kita tidak mambahas tentang XML, karna dari beberapa sumber mengatakan format JSON lebih mudah, simpel dan cepat untuk format pertukaran data.

Pengenalan Format JSON untuk layanan web

pengenalan json untuk layanan web

Pengenalan json untuk layanan web

Berdasarkan pengertian dari web resminya, JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data (lightweight data-interchange format), mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 – Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.

Format JSON Untuk Aplikasi CRUD Android

Kembali ke topik tentang pembuatan aplikasi Android untuk operasi CRUD yaitu tentang pengenalan json untuk layanan web. Setelah sekilas tentang apa itu layanan web dan format JSON, kini kita akan menggunakan format tersebut untuk membangun aplikasi CRUD sederhana dengan Aplikasi Android sebagai Klien dan Komputer sebagai server, yang saling terhubung melalui layanan web.

cara koneksi android dan mysql
Proses koneksi android dan mysql

Materi Sebelumnya kita telah membuat File PHP yang kita letakkan di Komputer Server. Tujuan file PHP ini untuk menngambil data dari database Mysql kemudian dijadikan output dalam format JSON (String). Format JSON tersebut kemudian akan diolah oleh aplikasi Android menjadi Object. Kira-kira demikian proses aplikasinya.
Kita akan ujicoba script nya terlebih dahulu, apakah sudah berjalan tanpa ada masalah. Karena jika ada permasalahan pastinya sewaktu diambil oleh aplikasi Android, akan bermasalah juga. Kita akan testing scriptnya.

Langkahnya :

Aktifkan web server XAMPP, kemudian buka browser, jalankan setiap scriptnya PHP nya. Lihat Gambar:

pengenalan json untuk layanan web Android
Struktur File PHP

Ketikkan di browser : http://localhost/crud/
Coba Klik file : read.php , akan muncul tampilan berikut :

pengenalan json untuk layanan web Android
json untuk layanan web

Tidak menampilkan data apapun, hal ini karena dalam database kita belum ada datanya. Kini, coba inputkan beberapa data kedalam Tabel Mahasiswa, biar mudah lakukan saja lewat Php My Admin.

pengenalan json untuk layanan web
Insert Data

Kemudian coba kita reload halaman web nya, maka akan muncul tampilan berikut :

pengenalan json untuk layanan web
Read Data JSON

Terlihat ada beberapa data yang kita inputkan tadi dalam format data Array.Itulah format data JSON. Script untuk buat nya sangat mudah kita hanya perlu kode berikut :
?
1
2
3
4
5
6
7
8
//Pushing name and id in the blank array created
array_push($result,array(
"id"=>$row['id'],
"nama"=>$row['nama']
));
}
//Displaying the array in json format
echo json_encode(array('result'=>$result));
Untuk mengeluarkan format output JSON, kita gunakan kode “json_encode”. Nah, data inilah yang nantinya akan diterima oleh aplikasi Android. Format ini masih dalam bentuk String, di aplikasi android nantinya akan kita ubah dalam bentuk JSON Object.

Format JSON Untuk Ambil Data Berdasarkan ID

Kita akan coba testing juga, ketika ingin mengambil data untuk kategori ID tertentu, misal saya akan ambil data dengan nama “Ridwan”, kita ketikkan saja di browser :
http://localhost/crud/get_data.php?id=101
Maksudnya kita akan ambil data dengan ID=101, ID tersebut atas nama Ridwan., lihat gambar:

pengenalan json untuk layanan web
pengenalan json untuk layanan web

Format JSON untuk Hapus Data Berdasarkan ID

Sama halnya dengan proses ambil data, untuk menghapus suatu data berdasarkan ID tertentu, kita hanya perlu mengetikkan di browser :
http://localhost/crud/delete.php?id=101
Maka data akan terhapus di Database dan akan muncul tampilan berikut :

pengenalan json untuk layanan web
pengenalan json untuk layanan web

Video Demo

Berikut Video demo Pengenalan JSON Untuk Layanan Web Aplikasi Android

Demikian tentang pengenalan json untuk layanan web dan telah kita ujicoba script PHP nya agar bisa berjalan tidak ada kendala, coba latihan untuk ujicoba script lainnya. Ketika format JSON nya tidak ada kendala, selanjutnya baruah kita bangun aplikasi di Android. Akan kita bahas di Materi Selanjutnya.

Bersambung….!

sumber : http://blogciqwan.com/belajar-android/pengenalan-json-untuk-layanan-web-aplikasi-android/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © YPI AL-AZAMI CIANJUR - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -